10 Tempat Wisata Menarik di Sri Lanka Buat Liburan
Objek Wisata

10 Tempat Wisata Menarik di Sri Lanka Buat Liburan

Sri Lanka benar-benar memukau dan akan sesuai dengan minat setiap pelancong dengan tempat-tempat wisata utamanya. Negara pulau kecil ini penuh dengan aktivitas petualangan seperti selancar dan trekking.

Ada beberapa situs yang sangat religius untuk pemuja agama, dan tempat wisata sejarah yang luar biasa untuk penggemar sejarah di Sri Lanka. Namun, tidak ada yang bisa membantah keindahan alam Sri Lanka yang luar biasa. Baik dalam perjalanan menuju tempat istirahat selancar yang sempurna, mengunjungi situs bersejarah atau berziarah, tanaman hijau subur dan hewan eksotis tidak pernah jauh.

1. Jembatan Sembilan Lengkung

Salah satu pemandangan paling ikonik di Sri Lanka adalah Jembatan Sembilan Lengkungan di kota pegunungan kecil Ella. Sudut pandang ini menawarkan panorama spektakuler dari daerah sekitarnya, yang terdiri dari tanaman hijau hijau dan ladang teh.

Pengunjung dapat menyaksikan kereta api berguling di atas jembatan saat mereka berjalan di sepanjang Demodara Loop. Dibangun pada hari-hari awal perluasan kereta api di Sri Lanka, jembatan ini sangat mengesankan karena terbuat dari semen, batu, dan bata, tanpa menggunakan baja apa pun.

2. Mihintale

Mihintale adalah sebuah gunung di dekat kota Anuradhapura. Puncaknya memiliki banyak makna spiritual bagi komunitas Buddhis. Dipercaya bahwa di puncak gunung ini seorang biksu Buddha bernama Mahinda bertemu dengan Raja Devanampiyatissa dan bersama-sama pertemuan ini memperkenalkan agama Buddha ke negara tersebut.

Bhikkhu Mahinda membuat Raja terkesan dengan kedamaian doktrin Buddhis dan sifatnya yang tenang dan tenteram. Raja kemudian meninggalkan perang, dan melanjutkan untuk menyebarkan perdamaian ke seluruh bangsa. Ada beberapa bangunan keagamaan dan sejarah yang mengesankan di dalam dan sekitar Gunung Mihintale. Ratusan peziarah mengunjungi situs itu setiap tahun.

3. Unawatuna

Pantai pasir putih di kota tepi laut kecil Unawatuna ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai. Ada sejumlah operator snorkeling dan menyelam di kota yang memanfaatkan kelimpahan terumbu karang di lepas pantai.

Ikan berwarna-warni dan kura-kura yang berlimpah adalah norma di perairan ini. Ada sejumlah pilihan bersantap yang bagus di sepanjang pantai, yang menyambut pengunjung untuk menggunakan kursi berjemur dan bersantai sepanjang hari dengan minuman di tangan.

4. Gal Viharaya

Pengunjung dapat menemukan Gal Viharaya di kota kuno Polonnaruwa. Gal Viharaya adalah situs Buddhis yang terkenal dan terkenal karena banyaknya gua dan patung Buddha besar yang diukir di permukaan batu. Mereka terpelihara dengan sangat baik, meskipun dibuat pada abad ke-12.

Di sisi salah satu patung, tertulis kode etik. Kode tersebut, ketika diikuti, dimaksudkan untuk memurnikan para biksu Buddha dan menyatukan mereka di bawah satu tatanan. Itu diciptakan oleh seorang raja yang sangat terkenal: Raja Parakramabahu yang pertama. Saat ini, Gal Viharaya adalah salah satu situs ziarah paling populer di Sri Lanka.

5. Festival Kataragama

Salah satu tempat wisata paling populer di Sri Lanka, Festival Kataragama berlangsung setiap tahun pada bulan Juli atau Agustus dan didedikasikan untuk salah satu dewa Hindu. Itu berlangsung selama dua minggu dan orang-orang dari seluruh dunia datang untuk bergabung.

Festival ini penuh sesak dengan parade gajah dan penari berpakaian warna-warni. Ada banyak tarian tradisional yang berlangsung; dengan musisi, akrobat, dan penghirup api yang mengisi energi festival yang menular.

6. Taman Nasional Udawalawe

Ada beberapa tempat di dunia di mana penampakan gajah begitu sering terjadi. Namun, gajah bukan satu-satunya hewan yang dapat dilihat di dalam Taman Nasional Udawalawe; burung merak, serigala, kerbau, buaya, kera dan kijang juga berkeliaran di kawasan ini.

Safari paling populer di pagi hari ketika hewan paling aktif. Keanekaragaman hayati taman dapat dikaitkan dengan lanskap yang bervariasi; itu diapit oleh pegunungan di utara dengan lahan basah dan sungai memeluk padang rumput dan hutan di dasar pegunungan.

7. Air Terjun Rahwana

Air Terjun Rahwana yang indah digunakan untuk mandi di bulan-bulan musim panas. Di musim hujan, aliran airnya sangat deras dan merupakan pemandangan yang mengesankan. Air terjun adalah bagian dari Suaka Margasatwa Ravana Ella, dan kompleks gua di dekatnya kaya akan legenda lokal.

Berlokasi strategis di jalan utama menuju kota Ella, gua-gua ini merupakan tempat perhentian umum bagi pengunjung selama perjalanan mereka. Banyak monyet nakal hidup di pohon-pohon di sekitarnya dan mereka sering terlihat di pinggir jalan sedang makan buah. Namun, jangan biarkan mereka terlalu dekat, karena terkadang mereka bisa terlalu ramah dengan pengunjung.

8. Kuil Gua Dambulla

Kuil Gua Dambulla adalah situs suci Buddha. Tidak ada biaya masuk untuk masuk ke kuil pada hari-hari bulan purnama; namun, hari-hari ini sangat sibuk karena signifikansi keagamaan dari fase bulan ini. Pemuja dari seluruh dunia berziarah ke tempat ini.

Ada lebih dari 80 gua yang didokumentasikan di daerah tersebut, tetapi lima yang paling terkenal dilengkapi dengan patung dan lukisan yang mengesankan. Beberapa gua berasal dari 1000 SM, ketika orang-orang Sri Lanka prasejarah hidup di dalamnya, jadi tidak mengherankan bahwa mereka akan membuat kuil di dalamnya pada waktu itu. Jika Anda berencana untuk berkunjung, perlu diketahui bahwa pengunjung harus menutupi bahu dan kaki mereka serta melepas sepatu sebelum memasuki kuil.

9. Mirissa

Mirissa adalah tempat liburan pantai terbaik di Sri Lanka. Pantai panjang yang indah diapit oleh pohon-pohon palem yang menjulang tinggi dan dipagari dengan restoran dan hotel modern. Restoran memiliki makanan gaya barat dengan harga Sri Lanka. Tak jauh dari pantai adalah Parrot Rock. Ini memiliki tangga kecil yang mengarah ke atas yang menawarkan pemandangan laut dan garis pantai.

Perjalanan sehari dari Mirissa termasuk menonton ikan paus, snorkeling, dan berselancar. Weligama, hanya beberapa kilometer dari Mirissa, adalah salah satu pantai terbaik di Sri Lanka untuk belajar berselancar. Saat happy hour dan menjelang malam, banyak restoran mengubah tempat mereka menjadi klub pantai dan menyajikan minuman dan lagu.

10. Teluk Arugam

Teluk Arugam dipuja oleh para peselancar. Kota kecil di pantai timur Sri Lanka ini mewujudkan gaya hidup selancar santai yang klasik. Tempat selancar Main Point berada dalam jarak berjalan kaki dari pusat kota, tetapi hanya direkomendasikan untuk peselancar tingkat lanjut atau menengah.

Jika tidak, Whiskey Point atau Peanut Farm adalah dua pantai selancar yang bagus untuk peselancar pemula dan menengah; perjalanan singkat tuk-tuk akan membawa Anda ke sana. Seringkali gajah dan burung merak terlihat di pinggir jalan, di luar kota. Jalur utama di kota Teluk Arugam dipagari dengan restoran dan hotel di mana Anda dapat bersantap apa saja mulai dari kari tradisional Sri Lanka hingga sarapan lengkap ala Inggris.