10 Rekomendasi Taman Nasional Terbaik di Spanyol
Objek Wisata

10 Rekomendasi Taman Nasional Terbaik di Spanyol

Meskipun Spanyol hanya rumah bagi sejumlah Taman Nasional, mereka benar-benar mengemas pukulan! Taman-taman ini menyimpan drama dan keindahan dari beberapa lanskap paling murni dan menarik di dunia, dan menjadi berbeda karena kekayaan ekologisnya. Taman nasional di Spanyol berkisar dari pemandangan indah padang rumput hijau yang rimbun, saluran air biru, dan hutan lebat, hingga pegunungan yang tertutup salju, dan daerah pegunungan yang gersang.

Mereka menjadi tuan rumah gurun vulkanik yang sunyi, pulau-pulau tropis, dan surga bawah laut untuk kehidupan laut. Banyak taman nasional telah berkomitmen untuk konservasi dan pariwisata berkelanjutan, dengan beberapa bahkan memenangkan penghargaan dan penunjukan untuk upaya mereka.

Flora dan fauna berlimpah tidak peduli taman apa yang Anda jelajahi dan beberapa taman telah disebut-sebut memiliki beberapa peluang pengamatan burung pemangsa terbaik di dunia. Jadi jangan lupa teropong Anda, dan keluarlah serta jelajahi taman nasional Spanyol yang indah.

1. Taman Nasional Tablas de Daimiel

Taman ini bukan apa-apa jika bukan surga bagi para pengamat burung. Jalan setapak kayu yang datar memudahkan untuk menjelajahi taman dengan berjalan kaki, yang terdiri dari lahan basah, sungai, dan flora yang kaya. Lahan basah di sini tetap menjadi persinggahan penting bagi banyak spesies burung yang bermigrasi seperti bebek, dan angsa. Beberapa di antaranya memilih untuk tinggal selama musim dingin, atau bersarang di daerah tersebut.

Penduduk sepanjang tahun termasuk berbagai unggas air seperti ungu, dan bangau abu-abu, kuntul kecil, dan pochard jambul merah. Populasi spesies ikan yang sehat terkadang dapat terlihat dari platform tinggi yang memenuhi taman. Jika tidak, taman ini populer karena matahari terbenamnya yang mengesankan di atas area perairan.

2. Taman Nasional Cabaneros

Taman Cabaneros sering dijuluki ‘Serengeti Spanyol’ karena kelimpahan hewannya. Ini adalah tempat perlindungan bagi rusa, lynx Iberia, babi hutan, rubah, berang-berang, dan sejumlah spesies burung termasuk bangau hitam langka, Elang Kekaisaran Spanyol yang terancam punah, pemakan lebah berwarna-warni, dan burung nasar hitam Eurasia.

Selama musim kawin, tidak jarang melihat rusa jantan bertanduk dan berduel untuk mendapatkan perhatian betina. Lanskapnya adalah salah satu dari sedikit contoh hutan Mediterania yang masih alami, yang terdiri dari vegetasi yang rimbun. Jika tidak, taman besar ini adalah sabana-esque, dengan barisan pegunungan yang bercampur yang menawarkan pemandangan taman yang menakjubkan dari puncaknya.

3. Taman Nasional Timanfaya

Latar belakang taman nasional ini benar-benar seperti dunia lain, dan dalam gambar bahkan mungkin disalahartikan sebagai Mars. Sepanjang sejarah, lanskap merah dan hitam dibentuk oleh gunung berapi penghuni taman yang menyelimuti area tersebut dalam lava yang sekarang mengeras.

Saat ini, sebagian besar gunung berapi tertidur tetapi pengunjung masih dapat merasakan panas bumi yang memancar dari tanah. Sedemikian rupa sehingga menuangkan air ke tanah, di beberapa daerah, menghasilkan efek geyser.

Flora dan fauna langka telah menemukan cara khusus untuk berkembang di daerah ini, yang pada awalnya mengilhami para konservasionis untuk mengadvokasi perlindungan daerah tersebut. NASA bahkan menemukan minat khusus di taman ini. Mereka menggunakan lanskap tandus untuk membantu melatih kru Apollo 17.

4. Taman Nasional Aiguestorstes

Taman nasional ini adalah definisi dari alam yang masih asli. Lanskapnya didominasi oleh pemandangan hijau, biru dan putih, karena pegunungan yang tertutup salju berubah menjadi hutan lebat, dan saluran air yang jernih.

Hampir 200 danau dapat ditemukan di dalam batas taman, dan hutan adalah rumah bagi berbagai pohon pinus, birch, beech, dan pohon konifer kuno. Taman nasional ini adalah satu-satunya dari jenisnya di wilayah Catalonia, dan contoh yang sangat baik dari pegunungan Pyrenees Spanyol.

Meskipun satwa liar sulit ditemukan di area ini, pengunjung yang beruntung akan terpesona oleh kambing liar di taman, burung nasar berjanggut, dan marmut.

5. Taman Nasional Monfrague

Taman Monfrague benar-benar unik. Hal ini dikenal dengan pemandangan khas Iberia, yang merupakan rumah bagi banyak flora dan fauna. Dikatakan sebagai salah satu situs pengamatan burung terbaik di Eropa, dan kaya akan sejarah.

Lebih dari 400 burung pemangsa menyebut Monfrague sebagai rumah. Burung nasar, dan elang dapat terlihat bersarang di lereng gunung, sedangkan burung pekakak, dan burung bulbul dapat ditemukan di salah satu taman di dua sungai, Tagus dan Tietar. Reruntuhan kastil Monfrague tetap ada di tempat, yang dikaitkan dengan legenda lokal, dan lukisan gua masih bertahan dari zaman pra-sejarah.

6. Kepulauan Atlantik di Taman Nasional Galicia

Empat pulau tak berpenghuni yang membentuk Kepulauan Atlantik di Galicia adalah taman laut-terestrial. Serta pemimpin dalam pariwisata berkelanjutan. Taman ini hanya terbuka untuk umum selama bulan-bulan musim panas untuk memastikan konservasi lanskap alam. Di atas air pantai berpasir putih, langit biru jernih, dan hutan pinus mendominasi pemandangan.

Sementara di bawah air laut yang jernih, lebih dari 200 spesies rumput laut tumbuh subur, di samping terumbu karang yang sehat, dan gua laut yang unik. Kehidupan laut yang menyebut perairan ini sebagai rumah termasuk beragam kerang, lumba-lumba, paus, dan hiu penjemur. Rantai pulau ini dulunya merupakan tempat perompak yang populer, jadi ada banyak kisah pelayaran yang bisa diceritakan.

7. Taman Nasional Caldera de Taburiente

Puncak gunung yang besar, kaldera yang mengesankan, dan Canary Pines asli yang langka menjadi ciri taman nasional yang menakjubkan ini. Kaldera, sebuah lembah datar besar di antara pegunungan yang curam, dan taman yang sama lebarnya 10 km. Daerah ini terbentuk lebih dari 2 juta tahun yang lalu, oleh letusan gunung berapi dan erosi yang parah.

Pagi hari biasanya cerah dan cerah di dalam taman, tetapi sore hari membawa lautan awan yang turun ke kaldera dan menghasilkan pemandangan yang sama sekali berbeda. Wajah gunung tertinggi mencapai 2000m ke atas dari lantai kaldera, membuat pengunjung merasa sangat kecil tidak peduli waktu hari.

8. Taman Nasional Kepulauan Cabrera

Karena keterpencilan taman nasional ini, area ini sebagian besar tidak tersentuh selama ribuan tahun. Pulau-pulau tersebut sebagian besar diselimuti padang rumput Neptunus, dan menjadi tuan rumah berbagai spesies tanaman endemik.

Namun, keanekaragaman hayati pulau tidak berhenti di situ, banyak hewan yang sulit ditemukan di bagian lain Balearik tumbuh subur di sini termasuk kadal hitam, dan siput laut. Di lautan sekitarnya, populasi besar penyu, lumba-lumba, dan paus berlindung, sementara koloni burung laut yang mengesankan hidup di sepanjang pantai.

9. Taman Nasional Sierra Nevada

Taman nasional Sierra Nevada adalah taman nasional terbesar di Spanyol, dan rumah bagi beberapa gunung terbesar di Eropa. Dengan demikian, salah satu aspek yang paling menarik dari taman nasional ini adalah keanekaragaman alamnya yang luar biasa.

Lantai dasar taman terdiri dari lembah yang subur, hutan, dan jalur sungai. Namun, jalan setapak menuju ke atas memberi jalan ke hutan alpine dan puncak gunung yang tandus. Pada hari yang cerah, pemandangan Laut Mediterania, dan Maroko terlihat dari pegunungan Sierra Nevada. Tanaman yang tumbuh subur dalam kondisi alpine yang kasar ini termasuk spesies violet Sierra Nevada, juniper dan barberry.

10. Taman Nasional Teide

Terletak di Kepulauan Canary, Taman Nasional Teide adalah rumah bagi gunung tertinggi di Spanyol. Gunung Teide sangat kontras dengan taman lainnya, dataran rendah. Ini adalah taman nasional yang paling banyak dikunjungi di Eropa dengan lebih dari 3 juta pengunjung setiap tahun dan dengan alasan yang bagus.

Pemandangannya mengingatkan pada dunia lain, yang seluruhnya didominasi oleh tanah vulkanik, dan karena ukuran tamannya hampir tidak pernah ramai. Gua, kawah, dan sungai lahar membatu di bebatuan di kawasan ini, dan pengunjung tetap akan senang dengan keragaman pemandangan di setiap sudutnya.