Tips Cerdas Packing Barang Saat Traveling Ke Luar Negeri

Tips Cerdas Packing Barang Saat Traveling Ke Luar Negeri

Traveling bukanlah sekedar hiburan semata, namun ada pula yang menjadikannya sebagai hobi dan sebagian lainnya menjadikannya sebagai gaya hidup. Jika sudah menjadi hobi, pengeluaran dana besar hanya untuk berjalan jalan tidak akan dipermasalahkan. Banyaknya destinasi wisata menarik mulai bertebaran, mulai dari destinasi domestik hingga traveling ke luar negeri sekalipun. Apabila ingin melakukan traveling ke luar negeri, berikut tips packing yang perlu Anda tahu.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Traveling

Setiap orang memiliki maksud dan tujuan tersendiri ketika mengunjungi negeri tetangga, sehingga waktu mengunjunginya pun pasti berbeda. Dengan mengetahui berapa lama Anda akan tinggal disana, akan memudahkan dalam proses packing barang yang dibutuhkan. Contohnya saja ketika Anda mengunjungi Eropa dikala musim gugur maupun musim dingin, bawalah perlengkapan yang sekiranya dapat menghangatkan badan serta melindungi tubuh dari dinginnya suhu udara.

Apabila rencana berlibur ke Eropa hanya berlangsung satu atau dua hari saja, tampaknya cukup membawa beberapa potong pakaian tebal secukupnya agar bagasi tidak terlalu penuh. Terlebih lagi pakaian yang dibawa lebih tebal daripada pakaian biasa, sehingga koper akan terasa berat dan lebih cepat penuh. Berbeda halnya ketika Anda berniat mengunjungi Eropa dalam satu ataupun dua bulan, yang tentunya membutuhkan peralatan dan pakaian untuk memenuhi kebutuhan.

2. Kemasi Barang Bawaan Serapi Mungkin

Walaupun satu atau dua hari, barang bawaan yang perlu dibawa sudah cukup membuat satu koper kecil terasa sesak. Mulai dari pakaian dalam, pakaian bepergian, alat mandi, dan beberapa peralatan lainnya harus bisa masuk dalam koper tersebut. Bahkan ketika barang bawaan tidak terlalu besar sekalipun, terkadang ruang yang disediakan koper masih terasa kurang akibat kebiasaan menggulung asal.

Alhasil berapapun jumlah pakaian yang hendak dibawa, pasti koper terasa penuh dan kurang sedap dipandang. Agar lebih terorganisir, buanglah rasa malas untuk melipatnya satu per satu hingga berikuran lebih kecil dibandingkan sebelumnya. Dengan melipat dengan rapi, pakaian yang akan dikenakan untuk berlibur tidak terlipat dan menghadirkan goresan goresan halus di beberapa bagian.

3. Sesuaikan dengan Kapasitas Bagasi

Tidak ada yang melarang Anda ingin membawa potong pakaian dan berbagai perlengkapan lainnya, namun pastikan jika bobot dari kopernya tidak melebihi dari kapasitas bagasi yang diperbolehkan. Daripada membawa barang yang sekiranya tidak terlalu diperlukan, akan lebih baik memilihanya kembali agar lebih efektif dan tidak susah ketika membawanya. Hal ini juga menghindari dari penambahan biaya penerbangan yang tentunya tidaklah murah.

4. Kelompokkan Perlengkapan Traveling

Apakah Anda termasuk orang yang anti ribet namun seringkali kesusahan ketika mengambil barang yang diinginkan ? Untuk permasalahan tersebut, silahkan kelompokkan beberapa peralatan sesuai dengan fungsinya ke dalam satu wadah tertentu sebagai solusinya. Misalnya saja peralatan mandi disatukan dalam satu pouch agar lebih mudah dibawa dan diambil ketika dibutuhkan. Begitu pula dengan peralatan make up dan beberapa peralatan lainnya.

5. Letakkan Sesuai Kebutuhan

Peletakan barang juga tidak kalah penting diperhatikan. Apabila berniat membawa beberapa camilan maupiun minuman, akan lebih baik jika meletakkannya ke dalam kantong tas bagian terluar agar lebih mudah untuk mengambilnya. Sedangkan pakaian maupun kebutuhan harian lainnya bisa diletakkan di dalam bagian dengan kapasitas lebih besar.

Meski sesama dalam rangka berlibur, nyatanya persiapan traveling ke luar negeri tidaklah sama seperti traveling domestik biasa. Beberapa faktor seperti cuaca, gaya berbusana, hingga kebiasaan yang dilakukan sudah cukup berbeda. Agar tidak ada satupun barang tertinggal ataupun tercecer, akan lebih baik jika Anda mulai packing dari jauh hari sebagai langkah antisipasi cerdas. Sebab persiapan matang dapat membantu Anda mewujudkan liburan idaman.